PERBANDINGAN ANTARA OPEN PROJECT DAN MICROSOFT PROJECT


Open Project
Open office project adalah sebuah paket aplikasi perkanoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). Open Office project ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office Project dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux dan Mac OS X. Open Office project mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya. 
Open Project adalah aplikasi desktop manajemen proyek open source yang mirip dengan Microsoft Project. OpenProject memiliki interface yang familiar digunakan bahkan dibandingkan dengan file MS Project yang ada. AplIkasi Open Project ini dioperasikan dengan menggunakan Proyek, Gantt Charts dan grafik.


Microsoft Project  
Microsoft Project adalah software administrasi proyek untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek. Kemudahannya menjadikan software ini sangat mendukung proses administrasi sebuah proyek. Software ini juga memberikan unsur-unsur manajeman proyek yang sempurna dengan memadukan kemudahan penggunaan, kemampuan, dan fleksibilitas sehingga penggunanya dapat mengatur proyek secara lebih efisien dan efektif, seingga dapat dengan mudahnya mengendalikan pekerjaan, jadwal, laporan keuangan, serta kekompakan tim proyek. 


Perbandingan
Perbandingannya seputar free and pay. Jika menginginkan Microsoft Project kita diharuskan membayar/membeli. Seperti yang kita ketahui Open Office merupakan Open Resource yang berarti kita tidak diharuskan untuk membayar, namun jika ingin membayar (disini artiannya donasi) kita akan diberi fitur-fitur yang lebih daripada yang free. Project bukanlah open resource sehingga Project hanya bisa diinstall dan digunakan pada komputer yang menggunakan sistem Windows.
Untuk setnya, memang Project termasuk kategori Ms Office namun sewaktu kita membeli stater pack Ms.Office kita tidak akan mendapatkan Project dikarenakan program ini bukanlah program basic, sehingga kita harus membelinya (diluar paket Ms.Office). Hal ini dilakukan oleh Microsoft untuk mencegah terjadinya hack pada Project. Karena program ini adalah program khusus yang tidak semua orang langsung bisa memakainya (lebih rumit ketimbang produk Ms.Office semacam Word, Excel, Powerpoint dsb). Sedangkan untuk Base sudah menjadi satu set dengan Open Office lainnya seperti Word, Math, Draw dan lain-lain.
Untuk penggunaanya lebih mudah Project karena Project sudah dilengkapi oleh berbagai macam fitur yang tidak terdapat pada Base. Dan juga Base usianya lebih muda daripada Project. Karena ada pepatah yang tua yang berpengalaman hahahaha. Di sisi lain, Project merupakan program ber-branded jika dibandingkan dengan Base. Ya kita tahu Microsoft sudah ada sejak kapan dan Microsoft sudah melengenda sejak dahulu kala ketimbang Open Office.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20th Eggi Nur Taufiq

SEBELUM HAMIL