Kondisi Jalan Sampangan UNNES


            Jalan Sampangan UNNES merupakan jalan utama daerah Sampangan, Gunung Pati menuju kampus UNNES. Jalur tersebut adalah jalur tercepat untuk penduduk gunung pati dan mahasiswa UNNES dalam pulang dari pusat kota ataupun ingin pergi ke pusat kota. Kondisi jalan yang menanjak dan bergelombang menjadi hambatan bagi pengguna jalan, selain itu terdapat banyak lubang di setiap badan jalan. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu para pengguna jalan.
Bahkan pernah terjadi tanah longsor dijalur utama menuju kampus UNNES itu pada akhir Desember tahun 2010 tepatnya di kanan jalan setelah perumahan trangkil gunung pati semarang. Jalur tersebut memang sangat labil dan memudahkan untuk longsor. Kejadian ini sempat membuat jalur macet pada jam jam sibuk yaitu sekitar jam 3 sore. Jalur ini juga sempat mengundang kecelakaan bagi penggunanya. Sempat terjadi motor jatuh dan membuat pengendaranya luka ringan. Kecelakaan ini terjadi dimalam hari ditempat longsornya jalan.
Penyebab kecelakaan tersebut diyakini karena tekstur tanah di sepanjang jalan adalah tanah liat. Karakteristik tanah liat yang  Kembang susut,yaitu kondisi dimana saat musim penghujan tanah akan menyerap banyak air, sedangkan pada musim kemarau tanah akan banyak mengalami hidrasi sehingga tanah bisa retak karena banyak menguapkan air. Ditambah keadaan di kanan kiri  jalan semakin sedikit pohon – pohon penahan erosi. Selain itu juga hujan dengan intensitas cukup tinggi terjadi akhir akhir ini. Beban yang berat harus ditanggung oleh jalan ini disaat mobil – mobil berat dan bis minas UNNES melewatinya. Kelabilan jalan juga membuat jalan mudah longsor.
Selama ini pemerintah sudah melakukan upaya perbaikan, yaitu dengan menambal jalan menggunakan aspal. Tetapi upaya tersebut kurang efisien, karena tambalan bersifat lemah. Ketika turun hujan tambalan akan terkikis.
Upaya yang sebaiknya dilakukan adalah mempelajari tekstur tanah terlebih dahulu. Berhubung di Jalan Sampangan UNNES tanahnya adalah tanah liat, sebaiknya DPU memadatkan tanah terebih dahulu. Dan memperbanyak pohon di kanan kiri jalan, untuk mengurang resiko longsor. Selain itu perlu adanya pembatas khusus di kanan kiri jalan dan tikungan mengingat jalan yang gelap dan banyak terdapat jurang di kanan kirinya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEBELUM HAMIL

PERBANDINGAN ANTARA OPEN PROJECT DAN MICROSOFT PROJECT

Transportasi Internal Unnes